Sign by Danasoft - Get Your Free Sign

Buruan like Universitas Pekalongan di facebook mu !!
Menu Bahasa

Selasa, 05 Juli 2011

Tips masuk Kuliah ke semua fakultas

Barusaja online di grup Universitas Pekalongan ada yang menanyakan masalah perkuliahan, inti pertanyaannya yaitu apa saja langkah - langkah yg harus dilakukan ketika orang mau masuk kuliah?. nah kali ini saya akan menjawab pertanyaan itu karena mungkin sangat menarik untuk saya publikasikan disini.

sebelum saya menjawab pertanyaan
di grup Universitas Pekalongan itu tentunya saya akan menjelaskan dulu apa itu yang dimaksud dengan perkuliahan terlebih dahulu. masalahnya yang mau kita bahas itu adalah perkuliahan, masak mau kuliah tapi ga tau pengertian perkuliahan kan jadi lucu . hahahaha :D . mungkin pertanyaan itu juga sering muncul dibenak kita. kalau menurut saya secara sederhana : perkuliahan adalah proses "belajar".
nah berikut dijelaskan pengertian "belajar" oleh para ahli :

* Moh. Surya (1997) : “belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.

* Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.

* Crow & Crow dan (1958) : “ belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.

* Hilgard (1962) : “belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi”

* Di Vesta dan Thompson (1970) : “ belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.

* Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang yang muncul karena pengalaman”

Jadi jika kita akan melalui Perkuliahan atau proses belajar tersebut kita harus menentukan Persiapan dan Perlengkapannya dengan langkah Sebagai berikut :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik geodesi jika anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.

Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Cari Informasi yang Sempurna

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend.

Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

3. Persiapkan Lokasi dan Biaya

Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan anda.

Persiapan yang tidak kalah penting di antaranya :

a. Mencari kampus dan jurusan.
b. Mencari kos yang dekat jika rumahnya jauh.
c. Belajar mencuci jika kos.
d. tour ke kampus untuk menyesuaikan diri.
e. persiapkan syarat pendaftaran berupa uang, ijazah, pas foto 3x4, dll sesuai yang d butuhkan.
f. Minta doa restu orang tua.
g. belajar.
h. Sering-sering lihat penggumuman siapa tahu berubah sewaktu-waktu.
i. Persiapan registrasi..
j. Persiapan pakaian rapi, tas, sepatu dan alat tulis seperti buku, bolpoin, stip/penghapus/tip-x, pensil, penggaris juga sangat penting.
k. Persiapan mental karena akan menghadapi tempat baru, teman baru, suasana baru, guru/dosen baru, jiwa baru, pikiran baru dll.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Adanya seleksi masal yang murni seperti UMPTN, SPMB, Sipenmaru dan lain sebagainya dapat menjegal masa depan studi anda jika tidak persiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki.

Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SPMB ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan & tempat yang anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan anda.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja.

Selain yang tersebut diatas, dalam melakukan perkuliahan kita juga perlu melakukan perubahan-perubahan dalam diri kita yang dirasa kurang baik. diantaranya :

1.Perubahan yang disadari dan disengaja (intensional).

Perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang bersangkutan. Begitu juga dengan hasil-hasilnya, individu yang bersangkutan menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan, misalnya pengetahuannya semakin bertambah atau keterampilannya semakin meningkat, dibandingkan sebelum dia mengikuti suatu proses belajar. Misalnya, seorang mahasiswa sedang belajar tentang Bahasa Indonesia. Dia menyadari bahwa dia sedang berusaha mempelajari tentang Bahasa Indonesia. Begitu juga, setelah belajar Bahasa Indonesia dia menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan perilaku, dengan memperoleh sejumlah pengetahuan, sikap dan keterampilan yang berhubungan dengan Bahasanya.

2.Perubahan yang berkesinambungan (kontinyu).

Bertambahnya pengetahuan atau keterampilan yang dimiliki pada dasarnya merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya. Begitu juga, pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah diperoleh itu, akan menjadi dasar bagi pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan berikutnya. Misalnya, seorang mahasiswa telah belajar Bahasa Indonesia tentang “Hakekat Belajar”. Ketika dia mengikuti perkuliahan “Strategi Belajar Mengajar”, maka pengetahuan, sikap dan keterampilannya tentang “Hakekat Belajar” akan dilanjutkan dan dapat dimanfaatkan dalam mengikuti perkuliahan “Strategi Belajar Mengajar”.

3.Perubahan yang fungsional.

Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa sekarang maupun masa mendatang. Contoh : seorang mahasiswa belajar tentang Bahasa Indonesia, maka pengetahuan dan keterampilannya dalamBahasa Indonesia dapat dimanfaatkan untuk mempelajari dan mengembangkan perilaku dirinya sendiri maupun mempelajari dan mengembangkan perilaku para peserta didiknya kelak ketika dia menjadi guru.

4. Perubahan yang bersifat positif.

Perubahan perilaku yang terjadi bersifat normatif dan menujukkan ke arah kemajuan. Misalnya, seorang mahasiswa sebelum belajar tentang Bahasa Indonesia menganggap bahwa dalam dalam Prose Belajar Mengajar tidak perlu mempertimbangkan perbedaan-perbedaan individual atau perkembangan perilaku dan pribadi peserta didiknya, namun setelah mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, dia memahami dan berkeinginan untuk menerapkan prinsip – prinsip perbedaan individual maupun prinsip-prinsip perkembangan individu jika dia kelak menjadi guru.

5. Perubahan yang bersifat aktif.

Untuk memperoleh perilaku baru, individu yang bersangkutan aktif berupaya melakukan perubahan. Misalnya, mahasiswa ingin memperoleh pengetahuan baru tentang Bahasa Indonesia, maka mahasiswa tersebut aktif melakukan kegiatan membaca dan mengkaji buku-buku Bahasa Indonesia, berdiskusi dengan teman tentang Bahasa Indonesia dan sebagainya.

6. Perubahan yang bersifat pemanen.

Perubahan perilaku yang diperoleh dari proses belajar cenderung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya. Misalnya, mahasiswa belajar mengoperasikan komputer, maka penguasaan keterampilan mengoperasikan komputer tersebut akan menetap dan melekat dalam diri mahasiswa tersebut.

7. Perubahan yang bertujuan dan terarah.

Individu melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Misalnya, seorang mahasiswa belajar Bahasa Indonesia, tujuan yang ingin dicapai dalam panjang pendek mungkin dia ingin memperoleh pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang Bahasa Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk kelulusan dengan memperoleh nilai A. Sedangkan tujuan jangka panjangnya dia ingin menjadi guru yang efektif dengan memiliki kompetensi yang memadai tentang Bahasa Indonesia. Berbagai aktivitas dilakukan dan diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

8. Perubahan perilaku secara keseluruhan.

Perubahan perilaku belajar bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata, tetapi termasuk memperoleh pula perubahan dalam sikap dan keterampilannya. Misalnya, mahasiswa belajar tentang “Teori-Teori Belajar”, disamping memperoleh informasi atau pengetahuan tentang “Teori-Teori Belajar”, dia juga memperoleh sikap tentang pentingnya seorang guru menguasai “Teori-Teori Belajar”. Begitu juga, dia memperoleh keterampilan dalam menerapkan “Teori-Teori Belajar”.

Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan anda. semoga bermanfaat !

14 komentar:

Anonim mengatakan...

keren nih tips, sangat bermanfaat ... terima kasih

Puskom mengatakan...

iya sama-sama. :)

Anonim mengatakan...

baguuuuuuus brow .

Anonim mengatakan...

setuju nih kalo di bikin kaya gini

Puskom mengatakan...

terimakasih banyak atas dukungannya

Anonim mengatakan...

ya .. UNIKAL oyeeeeeeeee ....!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

mantap ...

universitas terbaik mengatakan...

yang paling sulit untuk saat ini terutama bagi masyarakat Indonesia sendiri adalah di Biaya yang terlalu mahal...
sehingga sebagian memilih tidak kuliah karena masalah ini....
miris memang, tapi inilah kenyataannya..

universitas terbaik mengatakan...

mantap, eh tapi kok ku baca itu kok rektornya didemo..
gmana kejadiannya..

Anonim mengatakan...

kasih tw brpa biaya fakultas ekonomi??
alnya aku mau pindah ke unikal...

muna mengatakan...

umur saya 30 tahun lulus sma tahun ajaran 2000/2001. saya ingin kuiah di unikal mengambil jurusan bahasa inggris,bagaimana caranya? untuk catatan saya sudah terbiasa berbahasa inggris setiap hari saya menggunakannya secara aktif baik reading,writing atau conversation. apakah ada pngajaran untuk saya? karena saya ingin mengembangkan bahasa inggis saya.

Unknown mengatakan...

ma'af, saya ingin bertanya. saya mahasiswi unikal semester awal. saya berhenti kuliah tanpa pemberitahuan, bisakah masuk tanpa daftar lagi?  Melanjutkan saja atau harus daftar lagi? bagaimana kebijakan dari universitas, kena sangsi admin yang di sejajarkan dengan daftar ulang. atau bagaimana?. terimakasih

Devina Putri mengatakan...

Minta info dong diunikal ada jurusan farmasi gak? Terimakasih:)

Unknown mengatakan...

tarif persmester untuk prodi hukum/ekonomi brp min? mohon infonya..

Posting Komentar

 
| Home | Sawahjoho | Matrix | Unikal | Majollcraft | Sex dan Kesehatan | Privacy Policy |
Iklan oleh google