Mata kuliah telaah kurikulum matematika pendidikan dasar merupakan salah satu mata kuliah yang harus saya jalani disemester ini. Awalnya saya tidak mengetahui seperti apa kuliah yang akan saya jalani. Namun setelah melalui perkuliahan ini saya menjadi paham bahwa disini kami dilatih untuk menjadi tenaga pendidik yang handal dan professional. Pada proses perkuliahan lebih menitik beratkan pada keaktifan mahasiswa dan dosen menjadi fasilitator dan motivator.
Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari tiga sampai empat orang. Tujuannya mungkin agar lebih optimal dan efisien dalam kerja, tetapi menurut yang saya alami dalam kelompok jumlah tersebut terlalu sedikit. Sehingga kami agak kewalahan dalam membuat dan menjalankan tugas-tugas yang ada.
Proses perkuliahan dengan metode presentasi oleh kelompok sangat efektif menurut saya dalam mata kuliah kependidikan seperti ini, selain untuk melatih kami dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi di depan umum, juga membuat kami lebih aktif dalam mempelajari bahan perkuliahan. Sedangkan dosen membantu kami dalam pembahasan misal saat sesi diskusi ataupun tanya jawab di setiap presentasi kelompok. Walau dengan metode ini mahasiswa yang lebih aktif tetapi dosen tidak melepaskan kami begitu saja, beliau tetap memberikan arahan, masukan serta teguran kepada kami. Dan juga ada beberapa hal yang tidak terbahas oleh kami dalam presentasi ataupun diskusi kelompok itu dijelaskan oleh dosen secara klasikal.
Hal yang paling mengesankan bagi saya dan kawan-kawan lainnya barangkali adalah saat kami diminta untuk melakukan observasi ke sekolah-sekolah. Awalnya ini menjadi momok bagi saya sebab belum pernah ke sekolah dalam rangka observasi ataupun tugas kuliah lainnya. Namun, berkat dorongan semangat dan trik serta tips yang diberikan oleh dosen mata kuliah ini kami memberanikan diri untuk terjun kesekolah yang sebenarnya nanti akan menjadi lingkungan pengabdian kami.
Saya sangat berterimakasih karena dalam perkuliahan ini kami difasilitasi untuk berinteraksi langsung di lapangan dengan pihak sekolah, guru dan murid. Kami diberi kesempatan untuk melihat langsung dan mengamati serta menganalisa proses belajar mengajar di sekolah, bukan lagi sebagai siswa tapi sebagai calon pendidik, dan itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya.
Melihat fenomena pengajaran dan pendidikan di lapangan yang belum ideal dan sesuai dengan teori-teori yang dipelajari membuat saya bertekad untuk mendalami lebih dalam kemampuan-kemampuan ataupun teknik dan strategi sebagai seorang pendidik, dan bercita-cita tinggi untuk benar-benar mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata saat saya di amanahkan sebagai seorang pendidik di kemudian hari.masih banyak guru-guru kita saat ini yang belum mengaplikasikan perkembangan metode dan hal-hal lainnya di dunia kependidikan. Mereka masih banyak yang menggunakan cara-cara lama dalam mengajar. Dan dengan tugas berupa observasi yang diberikan dalam kuliah ini saya jadi bisa bersinggungan langsung dengan fenomena tersebut.
Selain observasi dan tugas presentasi kelompok, kami juga diberikan tugas membuat resume untuk setiap kelompok yang sedang mempresentasikan makalah dan hasil observasinya. Ini membantu kami untuk mendalami juga topik yang sedang dibahas oleh kelompok yang lain. Sehingga diharapkan kami tidak hanya paham dengan topik yang menjadi konsentrasi pembahasan kelompok kami, tapi juga memahami topik-topik lainnya.
Kesulitan yang saya alami dalam perkuliahan ini terutama pada saat awal observasi. Sebab saya belum pernah melakukan observasi sebelumnya. Ada rasa canggung di awal dan sedikit tidak paham apa yang harus di lakukan. Tetapi dengan masukan dari dosen dan senior-senior hal tersebutpun dapat diatasi. Kesulitan lainnya adalah jumlah anggota kelompok yang terlalu sedikit dan jadwal kuliah yang padat sebab banyak juga mata kuliah lain yang memerlukan waktu untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Dan terakhir kesulitan yang saya rasakan adalah tidak ada buku panduan ataupun diktat khusus untuk perkuliahan ini. Tetapi sumber-sumber lain juga ada di dapatkan.
Secara keseluruhan mata kuliah ini sangat menyenangkan dan menambah wawasan serta pengalaman saya. Setelah membahas kajian teori, melakukan observasi dan membahas secara bersama-sama hasil observasi tersebut dari berbagai macam topik, membuat saya menjadi semakin kuat dan semangat untuk menyiapkan diri sebagai seorang pendidik.
Terimakasih kepada Allah SWT yang memberi kesempatan saya untuk mengikuti perkuliahan ini. Mohon maaf dan terima kasih kepada ibu dosen dalam membimbing kami. Serta teman- teman seperjuangan Pendidikan Matematika UNP BP 2007, semoga kita bisa sukses dan berkontribusi bagi dunia pendidikan Indonesia yang lebih baik kedepannya. Mencetak generasi bangsa yang berkharakter dan berakhlaq mulia sesuai kepribadian bangsa dan agama kita. Jayalah dunia pendidikan Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar